ZENOSPHERE

science, philosophy, and cultural menagerie

Sunday Music File: Týr, “By The Light of The Northern Star” (2009)

Tyr - By The Light of The Northern Star (album cover)

                • Album: By The Light of The Northern Star
                • Musisi: Týr
                • Label: Tutl/Napalm Record
                • Tahun: 2009

Saya pertama kali tahu band ini lewat rekomendasi masbro lambrtz, yang kebetulan suka mendengarkan berbagai metal dunia (world metal?😕 ) Saya sendiri biasanya kurang tertarik pada metal. Selera saya lebih ke arah melodik, sementara di sisi lain, metal itu umumnya dominan perkusi dan growl. Walhasil jadinya agak kurang nyambung.

Meskipun begitu, layaknya semua hal di dunia, selalu ada pengecualian. Dalam hal ini pengecualian tersebut adalah Týr — band empat orang yang memadukan musik metal dengan folk Skandinavia.

Sebagaimana mungkin pembaca sudah tahu, saya adalah orang yang suka mendengarkan world music. Atau kalau boleh dibilang, musik yang mengedepankan fusion elemen tradisional dan modern. Sebenarnya tidak ada alasan khusus, sih. Suka saja mendengarkan bunyi alat musik dan/atau nada tradisional. Seolah-olah membawa ke tempat eksotis yang jauh. (u_u) *tsaaah*

Nah, Týr yang dibahas di sini juga memiliki pendekatan serupa. Biarpun secara genre mereka tergolong metal, dalam karyanya terdapat sentuhan etnik — dalam hal ini musik folk. Hasilnya adalah lagu yang keras tapi punya nuansa melodik tersendiri.

Misalnya contoh berikut, berjudul Tróndur í Gøtu. Lagu bahasa Faroe yang berkisah tentang seorang pahlawan Viking.

Týr – Tróndur í Gøtu

Di sisi lain ada juga contoh berbahasa Inggris yang cukup keren. Salah satunya favorit saya di album ini, By The Light of The Northern Star.

Týr – By The Light of Northern Star

Saya pribadi cukup terkesan dengan gaya mereka menyeimbangkan folk dan metal. Alih-alih terbawa growl dan gebuk perkusi habis-habisan — hal yang sering saya keluhkan dari metal pada umumnya — mereka lebih memberikan emphasis pada melodi. Yang mana akhirnya jadi cocok dengan selera saya. Well, good for me!:mrgreen:

“Turið Torkilsdóttir”, lagu yang intronya sangat folk-ish

Singkat cerita, Týr boleh dibilang band metal dengan identitas folk Skandinavia. Hal yang juga tercermin dalam lirik dan cover albumnya; walau sebenarnya saya agak gimanaaa gitu melihat ilustrasinya.[1]😆

 
Tracklist:

  1. Hold The Heathen Hammer High (4:49)
  2. Tróndur í Gøtu (4:02)
  3. Into The Storm (5:06)
  4. Northern Gate (4:45)
  5. Turið Torkilsdóttir (4:19)
  6. By The Sword In My Hand (4:49)
  7. Ride (5:00)
  8. Hear The Heathen Call (4:41)
  9. By The Light Of The Northern Star (6:00)
  10. The Northern Lights (1:48)
  11. Anthem (1:36)

 
Rekomendasi:

Layak dicoba buat yang suka musik keras dan/atau tertarik all things Viking.

 
——

Catatan:

 
[1] ^ Dalam cover album sang Viking sedang menumbangkan Celtic Cross — merujuk pada invasi Viking ke Irlandia (abad 9-11 M). Sementara saya sendiri punya soft spot pada berbagai barang Celtic, jadi, yah begitulah… #gapenting #abaikan

5 responses to “Sunday Music File: Týr, “By The Light of The Northern Star” (2009)

  1. lambrtz Maret 6, 2011 pukul 8:18 pm

    Karena saya sedang ga bisa komentar banyak-banyak, saya kasih ini aja deh.

    Kayanya suaranya agak ga sampe, jadi coba yang versi studio mestinya lebih bagus.:mrgreen:

  2. sora9n Maret 7, 2011 pukul 5:39 pm

    *search versi studio di yutub*

    Kok kesannya agak kurang folk-ish ya? Hampir ga ada bedanya ah sama band-band keras standar MTV. ^^;

    *IMHO sih*

  3. sora9n Maret 7, 2011 pukul 5:43 pm

    *habis tanya ke wikipe*

    Hoh? Wild Rover itu aslinya Scottish folk?😕 WTH, hampir ga ada kesan tradisionalnya di versi Tyr! Kacau ini pembawaannya!😈

    sok murka sebagai pendengar Celtic amatir

  4. gitablu April 9, 2011 pukul 1:26 am

    Well, metal tidak cuma ‘soal brisik’ saja, yang seperti orang banyak ketahui. Awalnya saya memang metal noob yang cuma tahu ‘brisik’ dan bising. Makin brisik itu adalah metal, tidak berisik itu bukan metal. Itu dulu, sebelum saya berkenalan dengan lebih banyak jenis musik metal lainnya.

    Singkatnya, metal terdiri dari banyak genre dan subgenre. Ada metal yang lbh ke arah gebukan perkusi, suara vokalis yang seperti orang menggeram/menggerutu/tidak jelas, gitar yg menghentak. Namun ada juga metal yg sangat melodius, bahkan indah. Saya tidak melebih2kan soal indah, tp memang ada yang saya pantas katakan sebagai suatu keindahan. Indah dari segi musik, ataupun indah dari segi lirik. Metal juga unik, karena bisa digabungkan dengan musik orkestra ataupun folk tanpa mengurangi keindahannya.

    Saya masih jauh untuk dikatakan ‘masternya metal’, dan sebetulnya ‘bidang’ saya bukan di folk metal (silahkan google atau wiki) melainkan di power metal *lbh cenderung ke arah metal eropa*. (namun kadang saya jg mendengarkan folk metal, tetapi ada beberapa elemen folk metal yg kurang cocok di telinga, tapi ada jg yang pas. Namun power metal selalu memuaskan hasrat saya, ini soal selera) Namun tetap menyenangkan membaca ulasan tentang band2 metal yang jarang diketahui *di indonesia* seperti Tyr ini.

  5. sora9n April 11, 2011 pukul 8:29 pm

    @ gitablu

    Yup, terima kasih tambahannya. ^^

Posting komentar. Apabila tidak muncul, ada kemungkinan tersaring filter spam. Harap tunggu pemilik blog untuk mengecek dan melepaskan.

