ZENOSPHERE

science, philosophy, and cultural menagerie

Overview: Gems from Celtic Music

Salah satu genre favorit saya, kalau sedang mendengarkan musik, adalah world music — atau kalau boleh dibilang, musik modern yang di-crossover dengan sentuhan tradisional. Sebenarnya bisa juga dibilang musik tradisional yang punya sentuhan modern, akan tetapi, sebaiknya itu tak dibahas di sini. Biarlah diserahkan pada yang ahil soal musik sahaja.😛

Nah, salah satu subgenre world yang saya suka adalah musik Celtic. Yang terakhir ini adalah musik yang mengambil pengaruh tradisional sekitar Irlandia dan Skotlandia. Dalam membawakannya kadang para musisi memakai alat musik tradisional Celtic; sebagai contoh fife dan bodhrán.

bodhran-fife

What a Bodhrán and Fife may look like

(images courtesy of wikipedia)

Sebagai awalan tentu bagusnya dari contoh yang mainstream dulu. So here goes. ^^b

Kalau ada pembaca yang akrab dengan band mainstream The Corrs, kemungkinan sudah tahu seperti apa contoh musik Celtic.[1] Biarpun di satu sisi mereka terkenal dengan lagu-lagu pop, sebenarnya The Corrs adalah band yang nuansanya amat etnik — terutama kalau sedang memainkan track instrumental. Sebagai contoh di antaranya Toss the Feathers atau Lough Erin Shore.

Nah, demikian juga dengan musisi Celtic lain. Banyak di antara mereka yang melakukan fusion elemen modern dengan tradisional Irlandia. Derajatnya tentu bervariasi. Ada yang lebih kental tradisional; ada yang berimbang; tetapi ada juga yang lebih dekat ke modern. Pada dasarnya itu kembali ke interpretasi masing-masing musisi.

Oleh karena itu, di posting kali ini, saya hendak mengetengahkan beberapa musisi Celtic (dan karyanya) yang IMHO cukup layak disimak. So, without further ado — here comes the recommended roster.

 
1. The Corrs

Yang ini tentunya tidak usah diperkenalkan lagi. Siapapun yang sudah menginjak ABG dan nonton MTV tahun 1999-2000, minimal pernah dengar nama mereka.:mrgreen:

The Corrs - In Blue (album cover)

(dari album “In Blue”)

 
2. Clannad

Boleh dibilang merupakan band pelopor Celtic music di tahun 1970-an, sedemikian hingga vokalis Máire Brennan dijuluki First Lady of Celtic Music. No, I didn’t make that up. xD

Di dunia mainstream, Clannad sering disebut terkait dengan Enya. Clannad adalah band tempat Enya bermusik sebelum memutuskan bersolo karir.

Clannad - Magical Gathering (album cover)

(dari album “A Magical Gathering”)

 
3. The Chieftains

Band bapak-bapak yang murni instrumental. Meskipun begitu cukup ternama karena sering berkolaborasi dengan berbagai vokalis terkenal Irlandia (e.g. Sinead O’ Connor, Sting, Anúna).

The Best of Chieftains (album cover)

(dari album “The Best of The Chieftains”)

 
4. Méav Ní Mhaolchatha

Méav Ní Mhaolchatha (dibaca: Meav Ni Walkaha) adalah solois jebolan ensembel Anúna dan Celtic Woman. Gaya musiknya agak minimalis, meskipun begitu, yang terpenting adalah vokal yang luar biasa.

No, really. Bukan promosi atau ngiklan. Salah satu contohnya bisa didengar di klip berikut: Jesu Joy of Man’s Desiring (ft. Celtic Woman).

Méav - Silver Sea (album cover)

(dari album “Silver Sea”)

 
5. Bill Douglas

Yang ini adalah komposer/arranger musik Celtic dengan gaya new age. Pertama kali tahu beliau dari kompilasi Celtic Twilight, yang — entah kenapa di kuping saya — kesannya seperti kompilasi musik kafe.😛

Bill Douglas - Homeland (album cover)

(dari album “Homeland”)

 
6. Planxty

Band folk yang berdiri tahun 1970-an, tetapi kemudian melakukan hiatus panjang (1983-2004). Saya sendiri tahunya cuma album comeback mereka (“Live 2004”). Walhasil rekomendasi track di bawah ini asalnya semua dari situ.

Planxty - Live 2004 (album cover)

(dari album “Live 2004”)

 
7. Loreena McKennitt

Musisi terakhir sekaligus penutup overview kali ini. Sebenarnya ini agak debatable, sebab Ibu McKennitt ini gayanya cenderung fusion antara Celtic dan Timur Tengah. Meskipun begitu nama beliau cukup sering diasosiasikan bergenre Celtic — jadi bolehlah dilampirkan ke sini sebagai tambahan.😛

Loreena McKennitt - The Wind That Shakes The Barley (album cover)

(dari album “The Wind That Shakes The Barley”

***

Yak, kurang lebih seperti itulah kira-kira rundown-nya. Sekadar informasi, banyak di antara lagu-lagu di atas sebenarnya merupakan cover / reinterpretasi musik tradisional Irlandia; jadi bukan lagu trademark buatan sendiri. Oleh karena itu kadang ada judul yang sama tapi dibawakan penyanyi berbeda-beda.

Saya sendiri tidak tahu kenapa saya suka musik Celtic — seperti ditulis di halaman about, it’s a mystery. Tapi itu sebenarnya tidak aneh. Zaman sekarang toh banyak juga bule datang ke Jokja dan mendengarkan musik gamelan. Jadi apa salahnya kalau saya juga mendengarkan musik mereka?:mrgreen:

Anyway, that’s that for this time. Hope you like it.😉

 
——
 

[1] ^ Saya selalu merasa bahwa mereka ini band yang punya dua sisi. Atau kalau boleh dibilang: barangkali satu-satunya band pop yang lebih keren kalau main etnik. Kapan-kapan akan saya menulis secara khusus tentang mereka.😛

5 responses to “Overview: Gems from Celtic Music

  1. Pak Guru Januari 21, 2011 pukul 9:07 pm

    *Langsung tersesat*

    Dropkick Murphys dihitung tidak?

  2. sora9n Januari 24, 2011 pukul 8:55 pm

    *search video band ybs dulu*

    Wah menarik. Memang ada bau tradisional, tapi fusion-nya punk sekali.😛

    Sedikit-sedikit masuk kali ya? ^^a

  3. Pingback: Sunday Music File: Loreena McKennitt, “The Book of Secrets” (1997) « ZENOSPHERE

  4. Pingback: Hal-hal yang mendorong saya jadi internasionalis… « ZENOSPHERE

  5. Pingback: Triquetra dan Celtic Knot « ZENOSPHERE

Posting komentar. Apabila tidak muncul, ada kemungkinan tersaring filter spam. Harap tunggu pemilik blog untuk mengecek dan melepaskan.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: